Sering kali, pekerjaan didapatkan dengan melakukan sejumlah inisiatif.
Mencari pekerjaan memang hal yang cukup menantang dan untuk beberapa
orang, tidak gampang diraih. Banyak orang mengirimkan ratusan lamaran
tanpa dipanggil untuk wawancara sama sekali. Jika situasinya seperti
ini, apa yang bisa kita lakukan?
Ada tujuh cara cerdas yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan
1. Jaringan
Banyak sekali pekerjaan yang sebenarnya tidak dipublikasikan atau diiklankan. Jadi cara cerdas untuk menemukan pekerjaan adalah membuat hubungan dan jaringan dengan orang-orang. Banyak-banyak bergaulah. Semakin banyak orang yang Anda kenal, semakin bagus kesempatan Anda mendengar adanya kesempatan kerja di dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Jadi jangan pernah kehilangan kesempatan untuk membuka jaringan dengan orang lain.
2. Sesuai spesifikasi
Kesempatan lainnya adalah menulis surat yang sesuai spesifikasi. Ini sangat relevan jika Anda memiliki sejumlah karier tertentu yang Anda inginkan. Susun sebuah surat pertanyaan apakah ada lowongan yang sesuai spesifikasi pekerjaan yang Anda inginkan atau untuk tetap menyimpan resume Anda dan menghubungi Anda jika ada lowongan yang sesuai dengan yang Anda inginkan.
3. Ciptakan pekerjaan
Jika berburu pekerjaan tidak berjalan baik, maka cobalah menciptakan sendiri pekerjaan itu. Jika Anda cukup dinamis dan energik, pikirkan memulai bisnis kecil-kecilan atau menawarkan jasa Anda sebagai konsultan. Hal ini akan menyita banyak energi dan komitmen, namun bisa memberikan ganjaran setimpal bagi masa depan Anda.
4. Bergabung dengan organisasi bisnis.
Kebanyakan kota memiliki sejumlah organisasi bisnis. Bergabung dengan satu atau lebih organisasi akan lebih memuluskan jalan Anda untuk menemukan pekerjaan. Ini adalah bagian dari jaringan yang harus Anda buka.
5. Mengobrol
Kesempatan bisa muncul di tempat-tempat yang mengejutkan dan tak disangka-sangka, jadi banyak-banyaklah mengobrol dengan orang lain. Anda tidak akan pernah tahu kesempatan apa saja yang akan Anda raih saat bertemu dan berbincang dengan orang baru. Bahkan perbincangan tak direncanakan pun bisa menuntun ke ide dan kesempatan yang lain.
6. Kunjungan
Sebuah alternatif untuk mengirimkan surat yang sesuai spesifikasi adalah mengunjungi kantor secara langsung dan bertanya apakah Anda bisa berbicara dengan manajer SDM. Ini memperlihatkan bahwa Anda memiliki inisiatif. Jika mereka memiliki waktu dan mau berbicara dengan Anda, maka Anda memiliki kesempatan untuk memperlihatkan pada mereka bahwa Anda lebih dari sekadar nama di resume.
Ada tujuh cara cerdas yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan
1. Jaringan
Banyak sekali pekerjaan yang sebenarnya tidak dipublikasikan atau diiklankan. Jadi cara cerdas untuk menemukan pekerjaan adalah membuat hubungan dan jaringan dengan orang-orang. Banyak-banyak bergaulah. Semakin banyak orang yang Anda kenal, semakin bagus kesempatan Anda mendengar adanya kesempatan kerja di dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Jadi jangan pernah kehilangan kesempatan untuk membuka jaringan dengan orang lain.
2. Sesuai spesifikasi
Kesempatan lainnya adalah menulis surat yang sesuai spesifikasi. Ini sangat relevan jika Anda memiliki sejumlah karier tertentu yang Anda inginkan. Susun sebuah surat pertanyaan apakah ada lowongan yang sesuai spesifikasi pekerjaan yang Anda inginkan atau untuk tetap menyimpan resume Anda dan menghubungi Anda jika ada lowongan yang sesuai dengan yang Anda inginkan.
3. Ciptakan pekerjaan
Jika berburu pekerjaan tidak berjalan baik, maka cobalah menciptakan sendiri pekerjaan itu. Jika Anda cukup dinamis dan energik, pikirkan memulai bisnis kecil-kecilan atau menawarkan jasa Anda sebagai konsultan. Hal ini akan menyita banyak energi dan komitmen, namun bisa memberikan ganjaran setimpal bagi masa depan Anda.
4. Bergabung dengan organisasi bisnis.
Kebanyakan kota memiliki sejumlah organisasi bisnis. Bergabung dengan satu atau lebih organisasi akan lebih memuluskan jalan Anda untuk menemukan pekerjaan. Ini adalah bagian dari jaringan yang harus Anda buka.
5. Mengobrol
Kesempatan bisa muncul di tempat-tempat yang mengejutkan dan tak disangka-sangka, jadi banyak-banyaklah mengobrol dengan orang lain. Anda tidak akan pernah tahu kesempatan apa saja yang akan Anda raih saat bertemu dan berbincang dengan orang baru. Bahkan perbincangan tak direncanakan pun bisa menuntun ke ide dan kesempatan yang lain.
6. Kunjungan
Sebuah alternatif untuk mengirimkan surat yang sesuai spesifikasi adalah mengunjungi kantor secara langsung dan bertanya apakah Anda bisa berbicara dengan manajer SDM. Ini memperlihatkan bahwa Anda memiliki inisiatif. Jika mereka memiliki waktu dan mau berbicara dengan Anda, maka Anda memiliki kesempatan untuk memperlihatkan pada mereka bahwa Anda lebih dari sekadar nama di resume.