10 Gambar Ayam dari Berbagai Belahan Dunia

12 Gambar Ayam dari Berbagai Belahan Dunia

Ayam, kamu pasti sudah kenal sama salah satu jenis burung ini. Atau jangan-jangan kamu menjadikan ayam sebagai makanan favorit? Nah, hari ini kita ingin share ke kamu beberapa gambar berbagai jenis ayam dari berbagai negara. Selain gambar, kita juga memberikan sedikit penjelasan mengenai jenis ayam tersebut. Oh iya, ada dari Indonesia juga lho. Beberapa di antaranya mungkin kamu sudah tahu lebih dulu dan beberapa bahkan belum pernah dengar. Mudah-mudahan yang kita share kali ini menjadi insight baru buat kamu. Nih dia ayam-ayamnya.

1

Ayam Cemani

amusingplanet.com
amusingplanet.com
Ayam cemani adalah ayam khas dari Indonesia. Ciri khas ayam cemani adalah warnanya yang serba hitam. Bukan hanya bulunya, seluruh tubuh ayam cemani berwarna hitam. Harga ayam ini juga cukup mahal, ayam cemani termahal yang pernah dijual seharga 40 juta rupiah. Biasanya ayam cemani digunakan untuk ritual yang aneh-aneh. Jika kamu seorang muslim, jangan pernah menjadikan ayam cemani sebagai bahan ritual karena hal itu syirik. Ayam cemani seharusnya dijadikan sebagai ayam peliharaan atau ayam hias karena kekhasannya.
2

Ayam Silkie Hen

reddit.com
reddit.com
Di Indonesia ayam silkie dikenal juga dengan ayam kapas. Penamaan ini karena ayam silkie memang memiliki bulu yang halus dan unik. Bulu ayam silkie sangat tebal sehingga ada yang menutupi bagian matanya. Ayam dengan bulu berwarna putih ini berasal dari Cina. Daging dan tulang ayam kapas berwarna hitam dan dipercaya mempunyai banyak sekali khasiat. Untuk bisa menikmati ayam silkie, kamu mesti merogoh kocek lebih dalam karena harganya yang mahal.
3

Ayam Plymouth Rock

imglop.com
imglop.com
Ayam Plymouth Rock disebut juga ayam rock atau ayam bareed rock. Warna bulunya bercorak hitam-putih seperti terlihat di gambar. Jenis ayam yang berasal dari Amerika ini biasanya diternakkan untuk diambil daging dan telurnya. Seiring perkembangan zaman, semakin banyak orang yang melakukan penyilangan untuk menghasilkan jenis ayam baru. Saat ini varietas ayam plymouth rock terdiri dari Barred Plymouth Rock, Buff, White Rock dan Blue Plymouth Rock.
4

Ayam Orpington

roysfarm.com
roysfarm.com
Seperti namanya, ayam orpington adalah ayam yang berasal dari daerah Orpington, Inggris. Ayam orpington merupakan hasil persilangan antara ayam minorca dengan plymouth rock yang kemudian disilangkan lagi dengan ayam langshan. Persilangan ini dilakukan agar tercipta jenis ayam yang tumbuh cepat dengan poduksi telur tinggi. Makanya tidak heran gambar di atas memperlihatkan ayam orpington yang sangat bongsor, hoho.
5

Ayam Leghorn

pinterest.com
pinterest.com
Kamu suka dengan negara Italia? Jika belum sempat kesana, kenalan dulu nih dengan ayam khas Italia, hehe. Iya, ayam Leghorn adalah salah satu jenis ayam yang berasal dari Italia. Di Italia ayam ini dikenal juga dengan livorno atau livornese. Ayam leghorn umumnya berwarna putih cantik. Namun ada juga varian ayam leghorn dengan warna yang lain.
6

Ayam Cochin

everything-poultry.com
everything-poultry.com
Ayam cochin jika dilihat sekilas memang cukup mirip dengan ayam Orpington. Namun bulu pada ayam chochin tumbuh hingga ke bagian ceker kakinya. Jika kamu memperhatikan gambar di atas, kamu akan tahu bedanya. Selain dimanfaatkan sebagai ayam pedaging, ayam chocin juga kerap kali dijadikan sebagai hewan hias karena memiliki bulu yang tebal dan cantik.
7

Ayam Brahma

henleechickens.co.uk
henleechickens.co.uk
Tidak banyak jenis ayam yang multiguna seperti ayam brahma. Iya, ayam brahma bisa dimasukkan ke dalam kategori ayam apapun. Ayam brahma bisa dimasukkan kedalam ayam penghasil daging karena ukurannya yang jumbo. Ayah brahma juga bisa dimasukkan ke dalam kategori ayam petelur karena juga menghasilkan telur yang banyak. Selain itu, ayam brahma kerap kali dijadikan ayam hias karena memiliki bulu yang unik. Ayam yang sudah beredar di berbagai negara ini berasal dari daerah Brahmaputra, India.
8

Ayam Ameraucana

backyardchickes.com
backyardchickes.com
Ayam ameraucana berasal dari Amerika. Ayam ini berada masih berada dalam kelompok ayam auracana karena memang perpaduan antara american dan auracana. Ayam ameraucana memiliki warna yang sangat variatif seperti hitam, biru, cokelat kemerahan, silver dan warna lainnya. Yang unik dari ameraucana adalah adanya bulu yang menonjol dan panjang di bagian telinga atau pipi si ayam.
9

Ayam Sebright

owlcentre.com
owlcentre.com
Di Indonesia Ayam sebright dikenal juga dengan ayam batik. Hal ini karena corak warna ayam ini memang menyerupai motif batik. Ayam sebright yang berwarna gold dan cokelat disebut juga ayam sebright Kanada. Ayam unik ini berasal dari Inggris dan dikembang oleh Sir John Saunders.
10

Ayam Polish

poultryshowcentral.com
backyardchickencoops.com.au
Ayam polish adalah jenis ayam yang berasal dari Belanda. Di Indonesia ayam ini juga dikenal dengan ayam poland. Sementara di beberapa negara dikenal dengan padua chicken atau polish Chicken. Ciri khas dari ayam polish adalah bulu tebal dan panjang di atas kepala yang menyerupai mahkota. Karena bulunya memang panjang, ada juga yang menyebut ayam ini dengan si gondrong.