5 Bandara Terpendek Di Dunia

Bandara adalah tempat yang wajib dikunjungi saat kamu bepergian. Pernah gak tercengang saat masuk ke sebuah bandara yang terlihat WOW banget? Pengen tau bandara mana aja di dunia ini yang cukup ekstrem dan layak kamu datangi?
Menjelang liburan di akhir bulan nanti, Hipwee akan kasih info tentang bandara terekstrem yang ada di dunia. Siapa tahu bisa jadi referensimu. Ada bandara Indonesia juga loh disini!

1. Bandara Internasional Princess Juliana, Saint Martin : Pesawat Mendarat Diatas Kepalamu

Pesawat mendarat sangat rendah
Pesawat mendarat sangat rendah via www.ziaruldeiasi.ro
Bandara internasional ini terletak dibagian kekuasaan Belanda pada Kepulauan Karibia. Dibangun pada tahun 1942 sebagai bandara militer, bandara Princess Juliana dijadikan bandara sipil pada tahun 1943. Semakin meningkatnya turis yang datang membuat bandara ini terus meningkatkan fasilitas dan kualitas layananan.
Bisa selfie sama pesawat
Bisa selfie sama pesawat via www.mirror.co.uk
Yang unik dari bandara ini adalah pemandangan yang bisa kamu temui saat sebuah pesawat akan mendarat. Pendeknya landas pacu yang langsung berseberangan dengan laut membuat pesawat harus terbang sangat rendah saat akan mencapai landasan. Padahal, dibawahnya terdapat orang-orang yang sedang menikmati keindahan Pantai Maho.
Walau terlihat berbahaya, namun belum pernah dilaporkan ada korban jiwa yang disebabkan oleh pesawat yang hendak mendarat. Jika kamu pecinta pesawat dan ingin merasakan adrenalin mengamati badan pesawat yang sedang terbang dari jarak dekat, wajib banget datang ke bandara ini.

2. Bandara Juancho E. Yrausquin, Kepulauan Saba : Landasan Terpendek Di Dunia

Pendeknya landasan di Saba
Pendeknya landasan di Saba via 1.bp.blogspot.com
Masih dari Kepualauan Karibia. Bandara Juancho E.Yrasquin merupakan satu-satunya bandara yang beroperasi di Kepulauan Saba. Ekstremnya, bandara ini memiliki landasan terpendek di dunia. Panjang landasannya tidak lebih dari 400 meter saja! Keekstreman ini masih ditambah dengan tingginya tebing di sekitar bandara.
Karena hal tersebut bandara ini dianggap menjadi bandara paling menantang, bahkan bagi para pilot profesional sekalipun. Pesawat jet tidak bisa mendarat di bandara ini dikarenakan oleh pendeknya landasan. Hanya pesawat-pesawat kecil saja yang bisa secara aman mendarat disini.

3. Bandara Madeira, Kepulauan Madeira : Dikelilingi Laut dan Bukit

Bandara Madeira
Bandara Madeira via upload.wikimedia.org
Sebelumnya dikenal sebagai Bandara Santa Catarina, bandara yang satu ini terletak di Kepulauan Madeira di Portugal. Pendeknya landasan bandara, hanya 1300 meter membuat bandara ini menjadi salah satu bandara yang cukup berbahaya.
Pemandangan bandara dikelilingi laut dan bukit
Pemandangan bandara dikelilingi laut dan bukit via s1239.photobucket.com
Pemandangan disekitar Madeira juga sangat unik. Disatu sisi terdapat laut yang mengelilingi landasan pacu, dan perbukitan disisi lain.

4. Bandara Lukla, Nepal : Pintu Menuju Puncak Everest

Bandara Lukla
Bandara Lukla via upload.wikimedia.org
Nama bandara ini sebenarnya sudah diganti pada tahun 2008, dengan Bandara Tenzing-Hillary. Nama tersebut diambil dari nama dua orang pendaki yang pertama kali berhasil mencapai puncak Gunung Everest. Bandara Lukla terkenal karena bandara ini dekat dengan basecamp pendakian Gunung Everest.
Landasan Bandara Luka
Landasan Bandara Luka via img.go2.ua
Terletak di ketinggian 2.900 meter, Bandara Lukla kerap diselimuti kabut dan gerimis. Bahkan terkadang kamu bisa melihat awan yang menyelimuti pegunungan disekitarmu dengan jelas.

5. Bandara Courchevel, Perancis : Bandar Udara Tanpa Petunjuk

Bandara Courchevel dari jarak jauh
Bandara Courchevel dari jarak jauh via www.jon-olsson.com

Bandar Udara Courchevel terletak di daerah Rhona, Alpes, Perancis. Bandara ini dibuat untuk melayani kebutuhan wisatawan yang berkunjung ke resor-resor ski terkenal di Courchevel. Selain memiliki panjang landasan yang cukup pendek, hanya 525 meter saja bandara ini juga memiliki tingkat kecuraman 18,5%. Angka yang cukup ekstrem untuk membuatnya menjadi salah satu bandara paling berbahaya.
Landasan tanpa petunjuk
Landasan tanpa petunjuk via upload.chinaz.com
Oh iya, bandar udara yang selalu diselimuti salju ini juga pernah muncul di film “Tomorrow Never Dies, James Bond” lho. Masih kurang tantangan? Di Bandara Courchevel kamu tidak akan menemukan fasilitas instruksi dan petunjuk untuk membantu pilot saat pendaratan. Mendarat di bandara ini saat kondisi gelap-berkabut akan mustahil dilakukan.
Previous
Next Post »